Hernia Inguinalis Adalah: Apa Itu Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Hernia Inguinalis Adalah: Apa Itu Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Dr Herry Setya Yudha Utama SpB. FInaCS. MHKes. ICS Types of Hernia and from herryyudha.blogspot.co.id

Pengertian Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis adalah kondisi medis di mana terjadi tonjolan pada daerah panggul atau selangkangan. Tonjolan ini terjadi karena adanya kelebihan jaringan atau organ yang menonjol keluar dari rongga perut melalui celah yang lemah atau robek pada otot perut bagian bawah.

Penyebab Hernia Inguinalis

Penyebab utama hernia inguinalis adalah kelemahan pada otot perut bagian bawah yang dapat terjadi sejak lahir atau didapat seiring bertambahnya usia. Faktor risiko lainnya adalah kelebihan berat badan, sering mengangkat beban berat, batuk kronis, sembelit, dan pernah menjalani operasi pada daerah panggul.

Tanda dan Gejala Hernia Inguinalis

Tanda dan gejala hernia inguinalis dapat berupa tonjolan pada daerah panggul atau selangkangan yang dapat membesar saat batuk, berdiri, atau mengangkat beban. Selain itu, dapat pula terjadi nyeri pada daerah panggul atau selangkangan, terutama saat menekan tonjolan atau saat beraktivitas fisik.

Diagnosis Hernia Inguinalis

Diagnosis hernia inguinalis dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik oleh dokter atau ahli bedah. Dokter akan memeriksa daerah panggul atau selangkangan untuk mengetahui adanya tonjolan atau pembengkakan. Jika diperlukan, dokter juga dapat melakukan pemeriksaan tambahan seperti tes darah, foto rontgen, atau ultrasonografi.

Pengobatan Hernia Inguinalis

Pengobatan hernia inguinalis tergantung pada tingkat keparahan dan gejala yang dialami. Pada kasus yang ringan, pengobatan dapat dilakukan dengan menghindari aktivitas fisik yang berat dan menggunakan penyangga hernia. Sedangkan pada kasus yang lebih parah, operasi dapat dilakukan untuk memperbaiki tonjolan pada daerah panggul atau selangkangan.

Pencegahan Hernia Inguinalis

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hernia inguinalis antara lain adalah dengan menjaga berat badan yang sehat, menghindari mengangkat beban berat secara berlebihan, dan menghindari aktivitas yang dapat menyebabkan tekanan pada daerah panggul atau selangkangan.

Kesimpulan

Hernia inguinalis adalah kondisi medis yang sering terjadi pada daerah panggul atau selangkangan. Penyebab utama hernia inguinalis adalah kelemahan pada otot perut bagian bawah. Gejala yang dialami dapat berupa tonjolan pada daerah panggul atau selangkangan dan nyeri pada daerah tersebut. Pengobatan hernia inguinalis tergantung pada tingkat keparahan dan gejala yang dialami. Pencegahan hernia inguinalis dapat dilakukan dengan menjaga berat badan yang sehat dan menghindari aktivitas yang dapat menyebabkan tekanan pada daerah panggul atau selangkangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *